Jumat, 09 Januari 2009

kalimat efektif dan tidak efektif

Kalimat efektif
Dalam pameran bertajuk “Animal Kingdom : The Last Chronic” ini, para perupa mencoba melakukan pembacaan atas fenomena binatang sebagai tema maupun objek kreativitas. (Kompas. Kamis, 21 Februari 2008. Binatang dan Perjalanan Peradaban…)
Pemerintah mengklaim harga barang kebutuhan pokok minyak goreng dan tepung terigu sudah stabil belakangan ini. (Koran Tempo. Sabu 16 Februari 2008. Harga Minyak Goreng dan Terigu Diklaim Stabil)
Diantara 118 sopir Trans-Jogja yang lain, lulusan D3 Tata Boga Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Tarakanita Yogyakarta ini terlihat paling cantik. (Kompas. Kamis, 21 Februari 2008. Putri, Bangga Jadi Yang Pertama)
Komitmen pemerintah dalam menjaga lingkungan terkait perubahan iklim global dipertanyakan dengan terbitnya PP No. 2 Tahun 2008. (Kompas. 21 Februari 2008 hal. 6. Transtoto Handadhari “Berzakat Nilai Lingkungan Hutan”)
Di tengah keprihatinan bencana banjir dan longsor di musim hujan, 4 Februari lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan PP No. 2 Tahun 2008. (Kompas. 21 Februari 2008 hal.6. Siti Maemunah “Hutan Lindung dan Masyarakat”)
Kalimat tidak efektif
Simposium ini diharapkan menambah dan memperluas pemahaman, dan kemampuan manajemen dalam menangani kasus neurology di Indonesia, dan menjadi wawasan bagi para dokter neurologi serta praktisi kesehatan lainnya. (Koran Tempo. 16 Februari 2008) hal. A 19.
Alasan
Tidak hemat karena mengulang kata dan sebanyak 3 kali yang kami anggap berlebihan. Jika kata dan kedua dihilangkan, maka tidak akan mengubah makna dari kalimat tersebut.
Simposium ini diharapkan menambah dan memperluas pemahaman, kemampuan manajemen dalam menangani kasus neurology di Indonesia, dan menjadi wawasan bagi para dokter neurologi serta praktisi kesehatan lainnya.
Maka persoalan penggunaan Stadion Mandala Krida untuk konser musik menjadi dilematis bagi saya. (Atmajaya Subrata “Konser Jangan di dalam Stadion Mandala Krida”. Koran Merapi 20 Februari 2008 hal.2)
Alasan
Kata “maka” pada kalimat tersebut tidak sepadan.
Persoalan penggunaan Stadion Mandala Krida untuk konser musik menjadi dilematis bagi saya.
Namun saat JPU usai membacakan surat dakwaan, tim penasehat Mbah Hadi yang dipimpin Budhi Kuswanto menyatakan siap membacakan eksepsi, akhirnya memberi kesempatan pengacara Mbah Hadi untuk melajutkan sidang dengan pembacaan eksepsi. (Hau “Mbah Hadi Lempar Kesalahan” Koran Merapi 20 Februari 2008 hal 1)
Alasan
Kalimat tersebut tidak efektif karena struktur bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan.
Namun saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) usai membacakan surat dakwaan, tim penasehat Mbah Hadi yang dipimpin Budhi Kuswanto menyatakan siap membacakan eksepsi. JPU akhirnya memberi kesempatan pengacara Mbah Hadi untuk melajutkan sidang dengan pembacaan eksepsi.
Untuk mengantisipasi krisis listrik akibat gangguan pengangkutan bahan bakar ini, PLN berjanji akan memperbaiki menejemen stok batu bara dan bahan bakar minyak (BBM) sebagai antisipasi terulangnya gangguan pengangkutan akibat cuaca buruk. (KR. 22 Februari 2008 hal.1)
Alasan
Kalimat tersebut tidak efektif karena memiliki 2 ide pokok.
Untuk mengantisipasi krisis listrik akibat gangguan pengangkutan bahan bakar ini, PLN berjanji akan memperbaiki menejemen stok batu bara dan bahan bakar minyak (BBM). Hal tersebut sebagai antisipasi terulangnya gangguan pengangkutan akibat cuaca buruk.
Wakil Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB), Nur Acmad Affandi menyambut baik langkah gubernur untuk mengembalikan kembali fungsi Mandala Krida. (KR. 23 Februari 2008 hal.1)
Alasan
Kalimat tersebut tidak efektif karena menggunakan sinonimi dalam kalimat.
Wakil Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB), Nur Acmad Affandi menyambut baik langkah gubernur untuk mengembalikan fungsi Mandala Krida.






TUGAS MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
KALIMAT EFEKTIF DAN TIDAK EFEKTIF









DISUSUN OLEH :
1. EKANINGRUM ROYANI P. (05/187049/KU/11427)
2. FAJAR DEDDY KRISTANTO (05/187676/KU/11545)
3. PRATIWI DINIA SARI (05/187395/KU/11491)
4. SANTI WULANDARI (05/186106/KU/11364)
5. YOVITA PURI SUBARDJO (05/187650/KU/11540)

PROGRAM STUDI GIZI KESEHATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2008

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda