Jumat, 09 Januari 2009

RESENSI BUKU obesitas sebagai faktor resiko beberapa penyakit

A. Gambaran Umum Buku
Judul buku : OBESITAS SEBAGAI FAKTOR RESIKO BEBERAPA PENYAKIT
Penulis : Dra. Misnadiarly. AS. APU.
Penerbit : Pustaka Obor Populer
Edisi : 1
Tahun terbit : 2007
Ciri buku : 135 halaman, 13,5 X 20 cm
B. Resensi Buku
Buku ini berisi beberapa informasi mengenai obesitas, mulai dari penyabab hingga upaya penanggulangan. Obesitas dipilih karena secara tidak kita sadari 5% dari penduduk dunia mengalami obesitas. Penyebaran obesitas pun tidak hanya di negara berkembang saja tetapi juga negara maju. Jika di negara berkembang obesitas banyak terjadi baik di kalangan menengah ke atas, di negara maju justru banyak terjadi di kalangan menengah ke bawah. Hal ini dapat terjadi karena di negara maju penduduk dari kalangan menengah ke bawah banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung kalori tinggi dan nilai gizi rendah. Sedangkan di lain pihak, kalangan menengah ke atas di negara berkembang seperti di Indonesia mempunyai pola makan dan pengertian yang salah mengenai makanan sehat.
Buku ini membahas obesitas menggunakan bahasa yang informatif sehingga pembaca dapat memahami pesan yang ingin disampaikan. Bahasa Indonesia populer yang digunakan memudahkan dalam menangkap isi buku. Istilah medis yang digunakan adalah istilah yang cukup populer di masyarakat sehingga walaupun pembaca berasal dari orang non-medis / awam masih dapat mengerti.
Obesitas bukan merupakan penyakit namun dengan keberadaannya dapat menyebabkan penyakit yang cukup parah. Jantung koroner, hipertensi, dan diabetes mellitus merupakan beberapa penyakit yang dapat timbul pada orang obesitas. Dalam buku ini diberikan pengertian mengenai obesitas secara objektif, cara mengetahui seseorang obesitas atau tidak, dan cara mengatasinya.
Obesitas dapat disebabkan oleh dua faktor utama yaitu keturunan dan lingkungan. Dari kedua faktor tersebut, lingkungan mempunyai peranan lebih besar untuk menyebabkan seseorang menjadi obesitas. Jika seseorang anak salah satu orang tuanya mengalami obesitas maka peluang anak tersebut menjadi obese sebesar 40 - 50%. Jika kedua orang tua anak tersebut mengalami obesitas maka peluangnya 80% anak tersebut akan obese. Namun lingkungan mempunyai peranan penting dalam mencegah seseorang mengalami obesitas. Jika seorang anak mempunyai kedua orang tua yang terhitung obese tetapi dalam keluarga tersebut mempunyai kebiasaan olahraga dan makanan bergizi seimbang maka anaknya bisa saja tidak mengalami obesitas. Beberapa informasi menganai hal tersebut dibahas secara menarik dalam buku ini.
Orang yang mengalami obesitas mempunyai timbunan lemak > 20% dari berat badan idealnya. Hal ini disebabkan karena kelebihan asupan makanan, kekurangan aktifitas fisik, ataupun keduanya. Pada asupan makan yang berlebih dan pengeluaran energi kurang, akan terdapat kelebihan kalori yang oleh tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan energi. Sedangkan jika asupan makan normal tetapi penggunaan energi kurang atau kurang aktivitas maka akan terdapat kelebihan kalori yang nantinya juga akan disimpan dalam bentuk lemak. Oleh karena itu diet dan olahraga merupakan senjata utama untuk melawan obesitas.
Dalam buku ini juga disebutkan obesitas pada orang dewasa terutama bagi yang berusia 30-40 tahun merupakan faktor resiko yang rentan terhadap penyakit kardiovaskuler dan metabolik. Begitu pula pada anak - anak dan remaja, obesitas merupakan faktor resiko terhadap penyakit diabetes mellitus tipe 2 dan hipertensi. Obesitas dapat menyerang berbagai golongan, bayi, balita, remaja, orang dewasa, dan usia lanjut. Upaya penanggulangan tidak lain yaitu menurunkan berat badan agar tubuh menjadi lebih sehat. Namun upaya yang paling sulit adalah mempertahankan berat badan agar tetap normal. Beberapa terapi dan tips juga diberikan dalam buku ini untuk membantu pembaca. Resep dan cara mengolah makanan yang baik juga disertakan dalam buku ini sehingga pembaca mempunyai gambaran mengenai upaya preventif obesitas.
Buku ini dapat menjadi referensi bagi pembaca yang berasal dari orang non-medis yang ingin mengetahui obesitas secara sederhana. Pesan yang ingin disampaikan juga sederhana tetapi tepat sasaran. Isi buku ini juga lengkap karena membahas obesitas secara objektif dari pengertian sampai upaya penanggulangannya.
C. Kekurangan
Editor dari buku kurang cermat sehingga banyak kesalahan dalam penulisan tidak direvisi.
Terdapat pengulangan kalimat yang sama beberapa kali dalam bab yang sama.
Terkadang menggunakan istilah medis yang tidak umum bagi orang awam.
Terdapat iklan suatu produk suplemen.
Penataan kalimat dan paragraf kurang menarik.
Penggunaan huruf kurang menarik.

1 Komentar:

Pada 22 Desember 2009 pukul 17.05 , Blogger fuNniesT mengatakan...

klo mesen bukux gmn carax..???

harga bukux brp??????

thx..........

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda